Rabu, 02 April 2008

_NgomoNgin cHocoLate_

You know gak sie.. posting yg ini tentang si chocolate kesenengan saya.Iya.. itu loh.. chocolate! Yg warnanya sekarang gak mlulu coklat,yg harganya mak nyuz se-mak nyuz rasanya.Yg bikin nangis terharu bahagia pas makan itu <-- yg ini berlebihan dink :D Heh ?!?! ndak tau ?!?! Coba liat gambarnya dulu dei klu gitu.Diinget2 dulu..

ini loh chocolate ituh


Uda tau kan.. uda inget ?!?! Kebangetan klu gak tau dan gak inget :P. Mari kita mulai pembahasannya ya.. Kata cocholate atau coklat dalam bahasa Indonesia berasal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit.Rasa pahit ini disebabkan kandungan alkaloid dalam biji chocolate.Lalu oleh seorang yg bernama Cortes,cocholate ini dibawa ke Spanyol.Nah… oleh orang-orang Spanyol,chocolate ini ditambahi gula sehingga terasa tidak begitu pahit lagi.So sweet gt lah bahasa kerennya.Dalam perkembangannya,chocolate tidak hanya digunakan sebagai minuman saja tetapi juga dibuat snack,campuran aneka kue,juga untuk merawat kecantikan kulit,dll dll lah pokoknya.

Di balik rasanya yang menggoda iman itu,chocolate jg mempunyai banyak manfaat loh.Cek this out dei.. :

Cocholate mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga
dapat mencegah risiko penyakit jantung koroner dan kanker.

Riset yang dipimpin oleh Dr. Valentine Yanchou Njike dari Yale Prevention Research Center, yang dilansir Reuters, menyebutkan chocolate hitam memiliki kandungan theobromine, phenethylamine, & cafein yang jika dikosumsi secara seimbang
akan membantu fungsi pembuluh darah.

Chocolate jg dipercaya bisa menekan tingkat stress pada seseorang.Mengapa demikian ?!?! Hal ini juga sering dikaitkan dengan kandungan phenylethylamine yaitu suatu substansi mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak yang kemudian pada gilirannya menghasilkan dopamine. Dampak dopamine adalah muncul perasaan senang dan perbaikan suasana hati. Phenylethylamine juga dianggap mempunyai khasiat aphrodisiac yang memunculkan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta (hati berbunga).

Kandungan antioksidan pada chocolate dapat pula dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Karena, antioksidan dapat mencegah penuaan dini.

Ouh ya sodara-sodara, Lemak pada chocolate, sering disebut cocoa butter, sebagian besar tersusun dari lemak jenuh (60%) khususnya stearat. Tetapi lemak coklat adalah lemak nabati yang sama sekali tidak mengandung kolesterol.Tapi.. tapi.. tapi.. jgn mentang2 banyak manfaatnya trus makannya gak tau aturan loh ya! Teteup harus dikontrol.Bukankah segala sesuatu yg berlebihan itu tidaklah baik wahai Sodara ?!?!


Dicontek dari :
http://tips-sehatku.blogspot.com/2007/01/manfaat-coklat-bagi-kesehatan.html
http://www.dapurcokelat.com/index.php?mode=read&gid=48
http://smpn5sda.net/?aksi=artikel&id=14 dan sumber2 lainnya yg saya lupa :D

Tidak ada komentar: