Senin, 28 April 2008

_MaEn kE gRaha pEna daN mUffiN peRdaNa_

Heheh.. ceritanya Sabtu kemaren tu saya dg sengaja nyasar ke Graha Pena Lt.3 buat ikutan suatu acara yg punya title 'KOKI Home Industry Cooking Class'. Ini pengalaman pertama.Deg2an jg sie. Takut salting gt. Nyampe sana.. waaa.. t'nyata isinya mayoritas emak2 -ya iyalah... -.
Heiran dei ah.. kenapa mereka ngomongnya antusias bgt yak ?? Tar kalo saya jd emak2 mgkn masuk kategori emak kuper yg pendiam dan baik hati dei , xixixi . Lebih heiran lg pas ada sesi kuis yg ada hadiahnya. OMG.. tu emak2 t'nyata punya energi berlebih bgt. Kaya abis makan petasan berapa ton gt. Meledak-ledak bow..! Sorot mata mereka tajam -seolah berkata : hey you.. ni hadiah uda gue incer nie!! jgn macem2 lu ye!! :D-, wajah super antusias, mengacung-acungkan telunjuk kaya ngacungin golok, trs ujung2nya teriak histeris pas dapet tu hadiah. Fiuuhh.. shock jg saya.Cuma bisa pringas-pringis narsis liat pemandangan terheboh abad ini.

Hemm.. tp ga smua gt kok.Ada yg friendly n ga horror jg.Lepas dari smua itu.. mereka adalah potret ibu2 super duper hebat. Two thumbs up 4 all of u Moms..!! Mereka adalah ibu2 yg gak cuma bisa dandan menor trs jalan ke mall buat ngabisin gaji suami. Mereka adalah wanita karrier yg sesungguhnya. Berkarnya di rumah mengabdi pada ekosistem bertajuk 'keluarga'. Merawat anak n suami, ngurus rumah, dan hebatnya.. mereka juga nyari tambahan penghasilan di rumah : jualan makanan n kue2. Kata salah seorang dari mereka " Wanita itu gimanapun jg, kodratnya ada di rumah Mba.. Jd kalo mau nyari duit tambahan jg sebisa mgkn tetep di rumah tempatnya". Ibu.. siapapun namamu.. keren bgt bisa punya motto hidup kaya gt.Hehehe....

Well.. uda ah cerita emak2nya.Skrg cerita apa yg diajarin di sana yaaa.. Emm, gini.. qt tu diajarin bikin 3 resep kue yaitu : Chiffon Cake Pelangi, Choco Chip Muffin, n Cutton Cake. Sepanjang acara saya kaya orang gaptek aja. Bnyk istilah2 yg bikin saya blank. "Manggang kuenya pake api atas bawah aja ya Bu,biar matengnya rata" atau "Adonannya diaduk pake ballon whisk aja,jgn pake mixer nanti bisa jadi gluten" Arrrggh... apa ituuuu... Tapi untung saya gak lemot2 amit.Akhirnya saya tau kalo ballon whisk itu bentuknya gimana -setelah tu koki ngacung2in alat pengocok sambil bilang ini ballon whisk ibu2..!!- Nah lo..jd cekikikan sendiri. Owh ya.. qt diajakin praktek berjamaah bikin Choco Chip Muffin loo.. Ini dia penampakannya.Kata Ayah rasanya enak. Ahh.. klu dia mah smua muanya jg dibilang enak :P



Choco Chip Muffin
Buat yg uda punya oven.. ni dia resepnya nie. Buat yg blon punya oven, sabar yaaa nunggu punya oven.Kaya' saya jg sabar nunggu punya oven. Klklklklkl... durung mbondo gt bahasa gaulnya.
Choco Chip Muffin
source : dapur uji KOKI
Bahan :
80 gram mentega
100 gram gula pasir
3 butir telur ayam
1/4 sdt esen vanili
25 ml susu cair
200 gram tepung terigu protein sedang
10 gram baking powder
1/4 sdt garam
100 gram choco chipcup
kertas secukupnya
Cara Membuat :
  1. Kocok mentega dan gula pasir menggunakan ballon whisk ( pengocok adonan ) hingga rata
  2. Tambahkan telur satu per satu sambil dikocok hingga rata
  3. Masukkan susu, disusul terigu,baking powder dan esen vanili, aduk hingga rata
  4. Tambahkan choco chip ke dalam adonan,aduk rata
  5. Masukkan adonan muffin dalam plastik segitiga, masukkan adonan ke dlm cup kertas hingga 3/4 tinggi cup, lakukan hingga adonan habis
  6. Panggang dalam oven bersuhu 180 C selama 20-25menit hingga matang ( bisa di cek dg menusuk adonan pake lidi,klu uda ga basah b'arti dah mateng tu )
  7. Angkat dan sajikan.

4 komentar:

deekz mengatakan...

saran saya, mending sampeyan coba sendiri dulu kue buatan sampeyan sebelum minta cobain sama orang laen :D

riri mengatakan...

ayooo nduk ndang dipraktekkan dunk di kontrakan ;))
*eittsss manggangnya di mana yah??

Upyl mengatakan...

to deekz : FYI, saya uda nyuba tu kue sebelom ta ksih ke orang loh. Belum ada gejala keracunan sejauh ini. Efek dlm jangka panjang msh dalam tingkat penelitian para ahli :P

to Mba Riri : OK Mba.. nanti ga usah dipanggang, dijemur aja di atas. Hehehe...

PenyuGarong mengatakan...

ini namanya muffin pake taburan upyl di atasnya...

wkwkwkwkwkwk...

*gak kuat bayangin rasanya
**kabur ke afrika