Rabu, 27 Februari 2008

_peRkeNalkaN..iNi dia si tOmatO_


Posting lage nie... Kali ini ttg tomato.Temennya si chili dalam arena persambelan nasional *halah.Buahnya kecut manis menggoda.Dibalik kedahsyatan rasanya yg mak nyuz,ternyata si tomato menyimpan banyak manfaatnya loh.

Siapkah Anda menyimaknya ?!?! Jgn lupa baca Bismillah dl yaps.. xixixi..

Kalau dirunut sejarahnya, tomat atau Lyopercisum esculentum pada mulanya ditemukan di sekitar Peru, Ekuador dan Bolivia. Di Prancis, tomat dinamakan 'apel cinta' atau pomme d'amour. Dikatakan sebagai apel cinta, karena tomat diyakini mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya. *Ahiakz.. hiakz.. mantab ga tu?!

Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, juga berhasil menemukan manfaat tomat lainnya. Menurutnya, gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.
http://portal.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=Natural+Healing&y=cybermed%7C20%7C0%7C3%7C78

Kandungan: Tomat mengandung antioksidan lycopene.
Manfaat kesehatan: Tomat menguatkan sistem kekebalan, melambatkan perkembangan penyakit degeneratif dan mengurangi risiko kanker jenis tertentu, khususnya kanker prostat, paru-paru dan kanker perut.
http://www.hanyawanita.com/_health/article.php?article_id=2062&_page=2

Pssst…!! Tomat bisa jg memberantas jentik nyamuk DBD loh…!!
Ekstrak tomat (solanmu lycopersicum) ternyata mempunyai daya bunuh terhadap jentik (larva) aedes aegepty (nyamuk demam berdarah). Ini merupakan hasil penelitian Novita Yulianti dan Imam Fauzi, mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang terpilih sebagai juara II dalam Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia 2007.
http://www.technologyindonesia.com/news.php?page_mode=detail&id=528

Kenapa tomato ko warnanya MERAH ?
Dalam pigmen warna merah pada tomat, mempunyai nilai lebih lainnya. Warna merah pada tomat lebih banyak mengandung lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet. Selain itu, belakangan diketahui lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas. "Memang lycopene tidak hanya ditemukan pada tomat, tetapi juga pada anggur merah, semangka dan pepaya. Namun, lycopene yang paling banyak terdapat pada tomat," terang Leane.
Lebih Baik Diolah
Berbeda dengan sayuran lainnya yang lebih bermanfaat jika dimakan mentah-mentah, ternyata tomat lebih baik dicampur dengan masakan atau dihancurkan sebelum dimakan. Para peneliti menemukan lycopene yang dikeluarkan pada tomat tersebut lebih banyak dibandingkan dengan tomat yang langsung dimakan tanpa diolah terlebih dahulu.
Tips Memilih Tomat
Pilih tomat yang matang berwarna merah tua.
Pilih tomat yang masih keras dan tidak ada bagian yang lunak. Jika ada bagian yang lunak, berarti ada bagian yang sudah mulai membusuk di dalamnya.
Jangan pilih tomat yang kusam, pilih yang warnanya masih mengkilap.
Perhatikan pada pangkal tomat, jika berbau agak asam dan sudah mulai berarir, berarti sudah mulai terjadi pembusukan.
Pilih tomat yang kulitnya masih segar dan belum keriput, untuk menandakan bahwa tomat tersebut masih baru
Bagaimana sodara-sodara.. itu semua msh seuprit kuprit dari banyak manfaat tomato.
Monggo.. monggo.. dicari yg lainnya lagi klu masih kurang memberi info.

Tidak ada komentar: